Persyaratan Rujukan BPJS Ke Rumah Sakit

Apa saja sih persyaratan rujukan BPJS Ke rumah sakit khususnya di Bekasi? mungkin itu adalah pertanyaan yang sering melintas bagi orang yang baru pertama kali mengajukan rujukan BPJS. Kebetulan kemarin Saya baru saja melakukan pengajuan rujukan BPJS ke rumah sakit untuk ayah Saya, jadi Saya akan cerita sedikit mengenai pengalaman Saya mengajukan rujukan rumah sakit di Bekasi menggunakan BPJS.

Nah hal yang pertama untuk mengajukan rujukan ke rumah sakit, Kamu perlu diagnosa dari klinik atau puskesmas. Setelah Dokter dari klinik mendiagnosa penyakit pasien, nanti kamu akan ditanya, pasien mau dirujuk ke rumah sakit mana. kalau saya kemarin dirujuk ke rumah sakit Bhakti Kartini di bekasi, alasannya karena dekat dengan rumah.

Oia adapun persyaratan untuk meminta surat rujukan dari puskesmas adalah dengan membawa foto copy KTP, dan foto Copy kartu BPJS. Setelah mendapatkan surat rujukan dari puskesmas atau klinik sebaiknya surat rujukan di foto copy sebanyak 10 lembar, karena surat rujukan BPJS tersebut berlaku sampai 1 bulan. jadi jangan sampai Kamu ngasih surat rujukan aslinya ke rumah sakit.

Artikel terkait : Berobat Di Klinik Dr Aang Rahardja Selalu Menjadi Pilihan Keluarga

Setelah surat rujukan di foto copy maka selanjutnya kamu harus melakukan beberapa persyaratan lagi yang harus Kamu persiapkan sebelum datang ke rumah sakit yang Kamu tuju. dibawah ini syarat rujukan BPJS ke rumah sakit

Syarat Rujukan ke Rumah Sakit

  • Foto Copy Surat rujukan dari puskesmas/klinik 3 lembar
  • Foto copy Kartu BPJS 3 lembar
  • Foto copy KTP pasien 1 lembar

Contoh persyaratannya seperti gambar dibawah ini

persyaratan rujukan BPJS ke rumah sakit

Contoh persyaratan rujukan BPJS ke Rumah Sakit

Setelah persyaratan diatas sudah di persiapkan, Kemudian datang saja ke rumah sakit bagian pendaftaran, kasih persyaratan yang telah kamu persiapkan diatas sambil bilang “mbak saya mau rujuk pasien BPJS ke rumah sakit ini” nanti rumah sakitnya sudah paham kok. waktu itu Saya cuma daftar dulu tanpa membawa pasiennya, sebab takut antri lama, kasihan kan pasiennya kalau suruh nunggu lama. Tapi Jika pasien memiliki penyakit Urgent dan membutuhkan pertolongan secepatnya dan membutuhkan rawat inap, sebaiknya bawa langsung pasiennya ke rumah sakit, nanti rumah sakit akan membawa pasien ke kamar rawat inap.

Pada waktu itu Ayah Saya mengalami sakit pinggang yang membuat kakinya yang sebelah kanan sulit digerakkan sehingga klinik menganjurkan untuk di rujuk ke dokter saraf.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Dokter Saraf, Ayah Saya di berikan resep obat, dan disuruh rontgen bagian pinggangnya, dan yang pastinya disuruh kembali lagi untuk pemeriksaan.

Semua biaya pengobatan dan rontgen dari rumah sakit benar benar gratis tanpa biaya apapun. enggak gratis sih, karena Kita bayar tiap bulan ke BPJS. 😀

Nah itu sob pengalaman Saya meminta rujukan BPJS ke rumah sakit. Jangan lupa di share sob, karena berbagi itu indah. 😀

Silahkan Komentarnya Sob