Pendakian Gunung Galunggung Sendirian Menjadi Pengalaman Yang Indah

Pendakian gunung Galunggung – Oke kali ini gue akan memberi sebuah pengalaman menarik mengenai wisata gunung galunggung. Yang belum tahu gunung galunggung sebaiknya searching di Google ya 😀 gunung galunggung setahu gue merupakan sebuah gunung yang yang letaknya ada di kota tasikmalaya, dan kabarnya gunung itu masih aktif. keindahan dari gunung ini bisa kalian saat diatas, karena diatas terdapat sebuah danau kawah. Katanya sih banyak misteri dan legenda di kawah tersebut, menurut masyarakat setempat misteri yang populer dibicarakan yakni tentang manusia kerdil penghuni gunung galunggung.

Saat datang kesana gue cuma seorang diri dan tiada yang menemani, maklum jomblo :'( . Teman teman pun diajak tidak ada yang mau. Akhirnya dengan rasa penasaran dengan pemandangan dan keindahan gunung galunggung, Gue memberanikan diri untuk pergi kesana sendirian. mau tahu lengkap perjalanannya. simak lagi dibawah

Rute yang harus dilewati menuju letak Gunung Galunggung

Sebelum berangkat, sebelumnya gue hanya mempersiapkan beberapa keperluan yang penting saja seperti sikat gigi, odol, pakaian ganti dan yang paling penting bawa duit yang banyak.

Mulai berangkat pkl 20.00 dari terminal Bekasi naik Bus Budiman jurusan TasikMalaya. di perjalanan terasa nyaman banget sama pelayanan Bus Budiman apalagi Bus yang ditumpangi adalah Bus baru, sampe gak terasa ada polisi tidur juga.

Waktu perjalanan dari bekasi di perkirakan memakan waktu 5 jam. Sampai tasik jam 2 subuh. Niatnya mau turun di terminal indihiang Tasik, sekalian mau numpang tidur di mushola, tapi takut gak ketemu karena memang waktunya masih malam banget, dan akhirnya gue putuskan turun di pool Budiman. Sambil celingak celinguk gak jelas, gue pun memutuskan untuk nunggu di warung kopi yang ada di pool Budiman hingga pagi.

Setelah pagi sekitar jam 6, Gue melanjutkan perjalanan untuk menuju terminal Indihiang lagi. karena sesuai yang gue baca dari blog orang. jika ingin ke galunggun Kita harus naik angkot warna hijau di terminal indihiang, nomer angkotnya entah berapa juga gak tahu. -_-

Karena gak tahu nomer angkotnya apalagi saat pagi pagi terminal indihiang tasik masih sepi banget kaya kuburan, akhirnya ojek menjadi angkutan alternatif yang menjadi pilihan. Sempat tawar menawar tentang harga ojek sama si abangnya, Tapi si abangnya tetap tak bergeming dengan harga 70 ribu, dan kami sepakat dengan ongkos 70 ribu. mahal sih, inilah resiko lelaki yang gak bisa nawar. -_-

diperjalanan naik ojek, gue disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah, dan hamparan sawah yang terbentang luas. Oia saat pagi disana dinginnya sangat parah, sebaiknya kalian datang jangan pagi pagi dah.

lama perjalanan naik ojek sampai pintu masuk galunggung sekitar 30 menit, dan diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja. kita pun melanjutkan perjalanan lagi sekitar 15 menitan untuk menuju keatas, saat perjalanan keatas jalanannya cukup ekstrim karena jalanannya nanjak, gue perkirakan hampir 60 derajat. Alhasil motor abang ojeknya gak kuat lagi untuk melanjutkan perjalanan. terpaksa gue harus melanjutkan dengan jalan kaki. Sebelum melanjutkan perjalanan, gue minta tukang ojek untuk fotoin, tau sendiri kan gue berangkat sendiri :'(

pendakian wisata gunung galunggung

serius, aslinya ganteng, ini efek kecapean :v

Pemandangan Gunung Galunggung

lelah, letih, dan capek hilang seketika saat melihat tangga untuk ke puncak galunggung, karena untuk naik ke puncak Kita harus naik 600 lebih anak tangga, nah penampakan tangganya seperti ini.

jalan menuju kawah galunggung

tangga menuju puncak Galunggung

Saat gue naik tangga, tiba tiba di pertengahan gue melihat seekor binatang mirip serigala. “apakah ada syuting GGS disini?” tanya gue dalam hati. Karena gue takut akhirnya gue pun duduk di tengah tangga sambil menikmati pemandangan gunung galunggung yang indah. nih gambar pemandangan di gunung galunggung saat gue berada ditengah tangga.

pemandangan wisata gunung galunggung

pemandangannya indah ya. abaikan kakinya -_-

pemandangan alam gunung galunggung

pemandangannya indah, bikin hati tenang dan otak fresh kembali

setelah menunggu beberapa menit, gue lihat kayanya binatangnya sudah pergi. Tapi alangkah kagetnya gue saat sedang melanjutkan perjalanan tiba tiba ada binatang keluar dari semak-semak. sambil terik “emaaak” gue pun lari keatas sekenceng-kencengya. Dan ternyata binatang itu bukan serigala GGS, tapi monyet yang badannya cukup besar untuk seukuran monyet menurut gue.

Finally dengan perjuangan yang sangat besar gue pun sampai dipuncak galunggung, gak sabar gue pun langsung ngambil Hp gue untuk ambil gambar pemandangan danau kawah galunggung. berikut penampakan danau kawah gunung galunggung.

pemandangan danau kawah gunung galunggung

danau kawah gunung galunggung, butuh waktu 1 jam untuk sampai kebawah

Oia diatas puncak Galunggung banyak warung yang jualan makanan, jadi tidak perlu khawatir kelaparan saat diatas. Karena gue dateng kepagian cuma ada satu warung yang baru buka, penjaganya seorang kakek kakek, sambil istirahat gua nanya nanya tentang Galunggung, katanya dulu letusan galunggung ini paling besar, bahkan abu vulkaniknya bisa sampai jakarta. Gue pun diceritain tentang misteri dan legenda Gunung Galunggung sama kakek kakeknya. dan katanya juga kalau mau ke bawah atau ke mushola yang ada di kawah, kita harus melewati jalur pendakian memutar dengan berjalan setapak dan diperkirakan memakan waktu 1 jam lebih. ini foto jalan menuju ke kawah, indah banget sob.

letak gunung galunggung

jalan menuju kawah Galunggung

Karena mendengar cerita kakek, akhirnya gue memutuskan untuk tidak turun kebawah. lebih baik gue menikmati pemandangan Galunggung dari atas karena lebih indah pemandangan nya.

Setelah 2 jam berada di puncak Galunggung atau tepatnya jam 10, gue lihat pengunjung sudah mulai banyak. akhirnya gue memutuskan pulang. untuk pulang gue harus naik ojek sampai ke pintu gerbang, setelah di pintu gerbang ternyata sudah ada angkot hijau jurusan terminal indihiang. ongkosnya pun relatif murah dibandingkan naik ojek yakni hanya 15 ribu doang sampai ke terminal indihiang.

Oia sob, sebaiknya saat datang ke Gunug Galunggung jangan terlalu pagi, idealnya jam 9 atau jam 10 pagi. karena kalau kepagian kaya gue, ditengah tangga kalian akan melihat monyet berkeliaran nyari makan. Itulah sepenggal pengalaman gue mendaki wisata gunung galunggung. Semoga bermanfaat 😀

Silahkan Komentarnya Sob