Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar Dan Disukai HRD

Buat yang baru lulus sekolah SMK maupun SMA pasti masih kebingungan untuk membuat surat lamaran kerja. Namanya juga baru lulus dan pertama kali melamar pekerjaan pasti memang sulit rasanya dan kaya ada beda bedanya gitu. Sebenarnya sih untuk membuat lamaran pekerjaan yang benar itu simple dan sederhana sekali,karena sudah banyak orang orang atau blog yang memberikan cara caranya.

Namun kali ini Gue akan memberikan sedikit bocoran tentang lamaran pekerjaan ala Gue dan yang pasti disukai Hrd, terbukti waktu gue dulu melamar pekerjaan, Gue selalu dipanggil untuk mengikuti psikotest meskipun akhirnya gagal. Hampir puluhan kali Gue gagal Psikotest namun akhirnya berhasil. kalau mau tahu keberhasilan Gue saat tes Psikotest baca : Cara Agar lulus Tes Psikotest Dan Tips Ini Dari Pengalaman Pribadi

Oke sob, langsung saja. Sebelum membuat lamaran pekerjaan ada baiknya kamu harus memperhatikan hal hal yang penting dan tidak boleh dilewatkan saat membuat lamaran. Apa saja itu? berikut ini yang harus Kalian tahu.

  • lamaran tidak boleh kotor apalagi lecek
  • Hindari terlalu banyak kesalahan penulisan bahkan coretan
  • kalau tulisan salah jangan di Tipex, lebih baik ganti yang baru
  • Harus jelas, padat, dan singkat
  • Format lamaran harus jelas seperti tanggal, kepala, isi dan penutup

Nah itulah hal yang Kalian harus perhatikan saat membuat lamaran, yang pasti membuat lamaran itu kata katanya harus baku dan sopan dan tidak bertele-tele. Contoh lamaran yang benar bisa kamu ikuti seperti gambar dibawah ini.

cara membuat surat lamaran kerja

Ini adalah contoh surat lamaran yang sering Gue gunakan.

Nah gambar diatas merupakan contoh surat lamaran kerja yang sering gue buat. Meskipun memang sudah lama, tapi contoh lamaran diatas cocok buat lamaran terbaru sekarang. Isinya sih memang tidak terlalu panjang. Sebab menurut Saya HRD lebih menyukai tulisan lamaran yang singkat, padat, dan jelas, karena dari ratusan lamaran yang datang, tidak mungkin HRD membaca isi lamaran Kamu secara detail, paling hanya point pentingnya saja seperti Biodata dan surat yang Kamu lampirkan.

Satu lagi sob hal yang penting dalam membuat surat lamaran keja, yakni lampiran harus sesuai dengan urutan yang ada dilamaran kerja. contohnya jika Pas foto, foto copy KTP, Foto Copy kartu kuning. maka Kamu menyusunnya harus berurut. Hal ini dilakukan agar HRD tidak ribet dan mempermudah HRD mencari surat surat dan persyaratan yang Kamu sudah lampirkan.

Itulah cara membuat surat lamaran kerja yang benar menurut pengalaman pribadi saya sendiri. Semoga bermanfaat buat kalian yang baru lulus SMK atau SMU yang belum mengenal dunia kerja.

Silahkan Komentarnya Sob